Gerindra Dukung Presiden Jokowi Dirikan Pabrik Mini Minyak Makan Merah Berbasis Koperasi

Gerindra Sumut akan edukasi dan sosialisasikan minyak makan merah ke masyarakat. Hal itu sebagai bentuk dukungan terhadap Presiden Jokowi.

topmetro.news – Gerindra Sumut akan edukasi dan sosialisasikan minyak makan merah ke masyarakat. Hal itu sebagai bentuk dukungan terhadap Presiden Jokowi. Selain itu, pemerintah juga jangan tanggung bergerak terkait pengolahan minyak makan merah berbasis koperasi.

Ketua DPD Gerindra Sumut H Gus Irawan Pasaribu SE Ak MM CA menyampaikan hal itu usai mengunjungi Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS), Kamis (21/7/2022). Gus mengatakan, pengolahan minyak makan merah menjadi solusi untuk menjamin harga jual tandan buah segar (TBS).

Kata Gus Irawan, selain melindungi petani dalam menjaga stabilitas harga TBS, minyak makan merah ternyata memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk pencegahan stunting. Hal itu minyak makan merah karena mengandung pro-vitamin A dan E yang lebih tinggi dari minyak goreng putih. Juga harganya bisa jauh lebih murah.

Gus berharap agar pemerintah serius dan tidak tanggung-tanggung dalam pengolahan minyak makan merah dan pabrik mini yang dikelola petani. Sehingga nantinya petani bisa langsung memasarkan sendiri hasil perkebunan mereka.

“Lahan perkebunan sawit rakyat di Sumut sangat luas. Dan kita punya sumber daya manusia yang mumpuni untuk membuat pabrik-pabrik pengolahan minyak merah. Jadi jika dioptimalkan akan sangat membantu meningkatkan perekonomian rakyat,” kata Gus Irawan.

Menurutnya, selama ini petani sawit cenderung rugi karena harga TBS berharga murah. Selain itu, selama ini yang menikmati kenaikan harga minyak makan itu hanya kalangan pengusaha saja. Sementara petaninya tidak.

“Jika nanti pabrik-pabrik mini pengolahan minyak makan merah ini terealisasi dan diproduksi melalui koperasi, maka petani kita akan sejahtera. Dan memutus mata rantai kartel minyak makan yang selama ini sangat merugikan petani dan rakyat,” kata Gus Irawan.

Instruksi Gerindra

Gerindra sebagai partai yang pro terhadap petani siap membantu pemerintah mengedukasi dan sosialisasikan minyak makan merah. Sehingga nantinya masyarakat dapat menerima dan mengkonsumsi produk minyak makan merah.

Ia pun akan menginstruksikan seluruh pimpinan Gerindra di daerah untuk memborong minyak makan merah produksi pabrik-pabrik mini koperasi. Untuk kemudian melakukan pembagian ke masyarakat secara gratis. “Aagar sosialisasinya bisa lebih masif,” tegas Gus Irawan.

Lanjutnya, ia sengaja membawa para Wakil Ketua DPD Gerindra Sumut. Di antaranya Sugiat Santoso, Dr Aripay Tambunan, Robert L Tobing, Zakiyuddin Harahap untuk melihat langsung produk minyak merah ke PPKS Medan. Dengan harapan untuk menambah wawasan dan menindaklanjuti instruksi dukungan Gerindra tersebut.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment